Angkatan Laut Sebagai Keunggulan Komparatif


Informasi terbaru Angkatan Laut Sebagai Keunggulan Komparatif

All hands,
Dalam pertarungan kepentingan antar bangsa, setiap bangsa harus mempunyai keunggulan kompetitif dan komparatif terhadap bangsa-bangsa lainnya. Keunggulan kompetitif dan komparatif itu bisa berupa instrumen ekonomi, militer dan lain sebagainya. Menyangkut instrumen militer, keunggulan yang bisa didapatkan adalah keunggulan komparatif, sebab keunggulan kompetitif akan sangat sulit diraih oleh mayoritas Angkatan Bersenjata di dunia.
Pertanyaannya, Indonesia harus memilih apa untuk keunggulan komparatifnya pada instrumen militer? Pilihan yang paling logis adalah Angkatan Laut sebagai keunggulan komparatif dalam pertarungan kepentingan nasional dengan negara-negara lain, khususnya di kawasan Asia Pasifik. Mengapa demikian?
Pertama, aspek geografi. Tidak ada yang bisa membantah bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan. Artinya, kepentingan nasional Indonesia yang menyangkut keutuhan wilayah sangat tergantung pada peran Angkatan Laut. Begitu pula kepentingan nasional di bidang ekonomi, tergantung pula pada peran Angkatan Laut. Tidak ada kekuatan militer lain di Indonesia yang bisa menjaga kepentingan nasional tersebut tanpa peran langsung dan atau tidak langsung Angkatan Laut.
Kedua, aspek politik. Kekuatan laut Indonesia bisa disebarkan kemana saja dan kapan saja, termasuk ke perairan internasional yang berbatasan dengan negara lain, dalam rangka mengamankan kepentingan nasional. Penyebaran itu memberikan pesan politik yang jelas pada satu sisi dan pada sisi lain tidak akan menimbulkan komplikasi politik yang rumit dalam hubungan dengan negara sasaran. Bandingkan dengan penyebaran kekuatan darat dan udara yang hanya bisa terbatas pada wilayah daratan di wilayah kedaulatan saja.
Ketiga, aspek strategis. Angkatan Laut mempunyai kemampuan untuk memukul balas lawan dengan sistem senjatanya, khususnya yang beroperasi di bawah air. Selain itu, Angkatan Laut mempunyai kemampuan proyeksi kekuatan. Kedua kemampuan itu apabila dibina dengan baik dan kemudian digunakan dalam rangka mengamankan kepentingan nasional akan memberikan dampak politik dan strategis yang berlipat ganda.
Masalah menjadikan Angkatan Laut sebagai keunggulan komparatif di Indonesia sebenarnya cuma soal kemauan politik. Apabila syarat itu terpenuhi, tidak sulit menjadikan Angkatan Laut Indonesia sebagai keunggulan komparatif. Justru hal yang memalukan bila sebagai negara kepulauan namun tidak menjadi Angkatan Laut sebagai keunggulan komparatif terhadap negara-negara lain.
Tinggalkan komentar anda tentang Angkatan Laut Sebagai Keunggulan Komparatif

0 comments:

Post a Comment