Butuh Pengalaman Operasional


Informasi terbaru Butuh Pengalaman Operasional

All hands,
Mengacu pada pengalaman negara-negara lain, seringkali konsep dan doktrin operasi militer senantiasa berubah seiring dengan perubahan ancaman dan tantangan. Bertolak dari ancaman dan tantangan itu beserta lesson learned yang ada, maka terjadilah perubahan konsep dan doktrin operasi militer. Di situlah terjadi transformasi pertahanan yang sebenarnya.
Masalahnya di Indonesia adalah militer negeri ini amat sangat miskin pengalaman operasional. Akibatnya konsep dan doktrin operasi militer sebatas mengadopsi konsep yang telah lama ditinggalkan oleh militer negara-negara lain. Seringkali pula konsep dan doktrin itu belum teruji di Indonesia.
Militer Australia, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya mengubah konsep dan doktrin operasi mereka karena adanya lesson learned dari operasi-operasi yang mereka jalankan. Lepas dari pandangan dari kacamata politik bahwa operasi-operasi itu seringkali dipandang sebagai petualangan militer belaka.
Pertanyaannya, bagaimana agar pengalaman operasional militer negeri ini bertambah sehingga bisa melakukan evaluasi terhadap konsep dan doktrin yang dianut? Karena tidak ada operasi militer perang yang digelar, hal itu hanya bisa dilaksanakan melalui latihan serta eksperimen. Dengan catatan bahwa latihan dan eksperimen dilaksanakan mendekati kondisi nyata, bukan mengecilkan kekuatan lawan sehingga dengan mudah ditaklukkan secara militer.
Tinggalkan komentar anda tentang Butuh Pengalaman Operasional

0 comments:

Post a Comment